Webinar Tren Penelitian Pendidikan Matematika: Membangun Wawasan dan Keterampilan Penelitian Mahasiswa

Pada tanggal 5 Juli 2021, HMPS Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses menyelenggarakan sebuah webinar yang bertajuk “Tren Penelitian Pendidikan Matematika.” Acara yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh mahasiswa Tadris Matematika angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021, yang menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan matematika. Webinar ini menghadirkan tiga narasumber yang berpengalaman di bidang pendidikan matematika, yaitu Mutiara Arlisyah Putri Utami, M.Pd., Syamsir Sainuddin, M.Pd., dan Melly Elvira, M.Pd. Mereka merupakan dosen yang memiliki rekam jejak yang baik dalam penelitian dan pengajaran, sehingga diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga kepada peserta.

Webinar ini diselenggarakan dengan tujuan utama untuk menambah ilmu dan wawasan peserta terkait kepenulisan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam sesi pertama, narasumber Mutiara Arlisyah Putri Utami, M.Pd. menjelaskan berbagai jenis penelitian yang umum dilakukan dalam pendidikan matematika. Ia memaparkan karakteristik masing-masing pendekatan, termasuk perbedaan antara penelitian kuantitatif yang mengutamakan angka dan statistik, serta penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada pemahaman mendalam terhadap fenomena pendidikan. Materi ini sangat penting, mengingat setiap jenis penelitian memiliki tujuan dan metodologi yang berbeda, sehingga pemahaman yang baik akan memudahkan mahasiswa dalam merancang penelitian mereka sendiri.

Selanjutnya, sesi kedua dibawakan oleh Syamsir Sainuddin, M.Pd., yang membahas tentang gambaran fenomena permasalahan yang sering dihadapi dalam pendidikan matematika. Ia menggunakan studi kasus nyata dan analisis situasi yang relevan untuk menjelaskan tantangan-tantangan yang ada di lapangan. Melalui pendekatan yang aplikatif, peserta diajak untuk memahami bagaimana cara menganalisis masalah yang dihadapi oleh siswa dalam belajar matematika, serta cara-cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam sesi ini, peserta juga diperkenalkan dengan beberapa metode pengumpulan data yang dapat digunakan untuk penelitian, seperti survei, wawancara, dan observasi.

Sesi ketiga dipimpin oleh Melly Elvira, M.Pd., yang memberikan pemaparan tentang langkah-langkah dalam merancang penelitian yang baik dan benar. Ia menjelaskan pentingnya menyusun proposal penelitian yang sistematis, mulai dari perumusan masalah, tinjauan pustaka, hingga metodologi yang digunakan. Selain itu, Melly juga memberikan tips tentang bagaimana menulis laporan penelitian yang efektif dan menarik perhatian pembaca. Peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya penyajian data yang jelas dan konsisten, serta teknik-teknik dalam menganalisis hasil penelitian.

Salah satu aspek yang paling menarik dalam webinar ini adalah sesi diskusi interaktif yang berlangsung di akhir setiap presentasi. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber, sehingga tercipta suasana dialog yang aktif dan kolaboratif. Dalam sesi ini, mahasiswa dapat menyampaikan kebingungan atau tantangan yang mereka hadapi dalam penelitian mereka, dan narasumber dengan antusias menjawab pertanyaan serta memberikan saran praktis untuk membantu mahasiswa dalam menyusun penelitian. Diskusi ini menjadi ajang bagi peserta untuk saling berbagi pemikiran dan pengalaman, memperkaya perspektif satu sama lain.

Dengan terlaksananya webinar ini, diharapkan mahasiswa Tadris Matematika tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga terinspirasi untuk lebih aktif dalam penelitian di bidang pendidikan matematika. Webinar “Tren Penelitian Pendidikan Matematika” menjadi wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan mereka dan menggali potensi dalam menyusun karya tulis ilmiah yang berkualitas. HMPS Tadris Matematika berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan diri dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan matematika di Indonesia.

Dalam rangkaian acara ini, para peserta juga diberikan akses ke materi presentasi dan rekaman webinar, yang memungkinkan mereka untuk mempelajari kembali informasi yang disampaikan. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperdalam pemahaman mereka terhadap materi yang telah dibahas dan mempersiapkan diri untuk terlibat dalam penelitian di masa depan.

Secara keseluruhan, webinar ini tidak hanya berhasil mencapai tujuan yang diharapkan, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk terlibat lebih dalam dalam penelitian pendidikan matematika. HMPS Tadris Matematika berencana untuk mengadakan lebih banyak kegiatan serupa di masa depan, guna memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas akademik dan profesional mereka. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk membangun budaya penelitian di kalangan mahasiswa, sehingga mereka tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga produsen pemikiran dan karya tulis yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, HMPS Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang akan terus berupaya menjadi pionir dalam pengembangan pendidikan matematika yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. Kegiatan-kegiatan seperti webinar ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi akademik, serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *