Pada Jumat, 16 Desember 2022, Program Studi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Media Pembelajaran Matematika bertempat di Gedung Microteaching lantai 2 dan juga melalui Zoom Meeting. Seminar ini mengangkat tema “Improving the Quality of Mathematics Learning Media Based on Creativity and Collaboration Skills,” yang bertujuan untuk membahas peningkatan kualitas media pembelajaran matematika melalui kreativitas dan kolaborasi. Acara ini menghadirkan tiga narasumber utama, yaitu Dr. Imam Rofiki, M.Pd. dari Universitas Negeri Malang (UM), Ibrahim Sani Ali Manggala, M.Pd. yang semuanya memiliki latar belakang dalam pendidikan matematika dan pengembangan media pembelajaran.
Dr. Imam Rofiki memulai sesi seminar dengan membahas pentingnya media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran matematika. Beliau menjelaskan bahwa media pembelajaran yang kreatif dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika yang sulit dengan cara yang lebih sederhana dan menarik. Menurutnya, media yang interaktif dan kolaboratif adalah kunci dalam membangun pemahaman yang mendalam pada siswa, terutama dalam era digital yang serba cepat ini.
Narasumber kedua, Ibrahim Sani Ali Manggala, M.Pd., melanjutkan dengan memaparkan pentingnya keterampilan kolaborasi dalam pengembangan media pembelajaran. Ia menekankan bahwa kolaborasi antar pendidik dan siswa dalam menciptakan media pembelajaran yang efektif akan menghasilkan materi yang lebih relevan dan mudah dipahami. Ibrahim juga memaparkan beberapa contoh media pembelajaran matematika berbasis teknologi yang berhasil meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.
Para mahasiswa Tadris Matematika yang mengikuti acara ini baik secara langsung maupun daring sangat antusias. Mereka diberikan kesempatan untuk memamerkan media pembelajaran yang telah mereka kembangkan sendiri sebagai bagian dari pameran yang diadakan bersamaan dengan seminar ini. Pameran tersebut menampilkan berbagai bentuk media, mulai dari aplikasi digital hingga alat bantu fisik yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas.
Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa aktif berdiskusi dengan para narasumber tentang tantangan dan solusi dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Beberapa mahasiswa juga bertanya tentang bagaimana cara menjaga keseimbangan antara kreativitas dan substansi akademik dalam pengembangan media pembelajaran matematika.
Acara Seminar Nasional dan Pameran Media Pembelajaran Matematika ini tidak hanya memberikan wawasan baru bagi mahasiswa Tadris Matematika, tetapi juga menjadi ajang untuk memamerkan hasil karya mereka dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif. Diharapkan, kegiatan ini mampu mendorong mahasiswa untuk terus mengembangkan kreativitas dan keterampilan kolaborasi mereka, yang akan sangat berguna dalam karier mereka sebagai calon pendidik matematika masa depan.