Pada 7 Juni 2024, Program Studi Tadris Matematika UIN Malang akan mengadakan Forum Ketua Kelas yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Megawati. Acara ini dihadiri oleh ketua kelas dari mahasiswa angkatan 2021, 2022, dan 2023, dengan tujuan untuk memperkuat koordinasi serta membangun sinergi dalam lingkungan akademik Tadris Matematika. Forum ini merupakan inisiatif Program Studi Tadris Matematika dalam menciptakan jalur komunikasi yang lebih terbuka antara mahasiswa dan pihak program studi.
Forum Ketua Kelas bukan sekadar pertemuan formal, melainkan sebuah wadah diskusi yang bertujuan untuk menjaring aspirasi dari mahasiswa. Melalui para ketua kelas yang hadir, berbagai permasalahan, masukan, serta gagasan-gagasan inovatif terkait pembelajaran dapat diidentifikasi dan dibahas. Ketua kelas memainkan peran penting sebagai penghubung antara mahasiswa dan pihak akademik, sehingga forum ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tadris Matematika.
Dalam forum ini, ketua kelas dari masing-masing angkatan akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai pengalaman dan tantangan yang mereka temui selama menjalankan tugasnya, baik terkait kegiatan akademik maupun non-akademik. Hal-hal yang dibahas mencakup efektivitas metode pengajaran, pengelolaan kelas, serta aktivitas mahasiswa yang mendukung proses pembelajaran. Selain itu, forum ini juga akan membahas peran penting ketua kelas dalam membantu menjaga dinamika kelas yang kondusif dan produktif.
Tak hanya membahas masalah sehari-hari dalam ruang kelas, Forum Ketua Kelas juga berfungsi sebagai platform untuk merumuskan solusi. Para ketua kelas dapat berdiskusi secara langsung dengan dosen-dosen dari program studi untuk mencari jalan keluar terhadap isu-isu yang muncul. Dengan begitu, para peserta forum diharapkan dapat membawa pulang hasil diskusi yang bermanfaat bagi rekan-rekan sekelas mereka.
Dalam forum tersebut, salah satu fokus utama adalah pembahasan mengenai peningkatan kualitas pembelajaran. Ketua kelas dari setiap angkatan akan berbagi pengalaman terkait dengan metode pengajaran yang dirasa efektif, atau kendala-kendala yang mungkin dialami selama proses belajar-mengajar. Di samping itu, forum ini juga memberikan kesempatan bagi ketua kelas untuk memberikan masukan terhadap kegiatan akademik dan non-akademik, seperti seminar, workshop, dan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mendukung perkembangan akademik mahasiswa.
Program Studi Tadris Matematika UIN Malang berkomitmen untuk menjadikan Forum Ketua Kelas sebagai agenda rutin guna memastikan keterlibatan aktif mahasiswa dalam peningkatan kualitas pendidikan. Pihak program studi juga berharap agar forum ini bisa menjadi sarana untuk memupuk rasa kebersamaan dan saling mendukung antar-angkatan. Dengan adanya forum ini, diharapkan komunikasi antara mahasiswa, ketua kelas, dan dosen bisa berjalan lebih lancar, sehingga segala bentuk permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran dapat ditangani dengan lebih cepat dan efektif.
Selain membahas isu akademik, Forum Ketua Kelas ini juga menjadi kesempatan bagi ketua kelas untuk memperluas jaringan antar-angkatan. Diskusi lintas angkatan ini diharapkan bisa memberikan wawasan baru bagi ketua kelas, baik dari segi pengelolaan kelas maupun penyusunan rencana kegiatan yang lebih relevan dan bermanfaat bagi seluruh mahasiswa.
Melalui forum ini, mahasiswa diharapkan dapat berpartisipasi secara aktif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, inklusif, dan terus berkembang. Dengan begitu, program studi dan mahasiswa dapat bersinergi dalam mewujudkan tujuan bersama, yaitu menciptakan pendidikan yang berkualitas dan menjawab tantangan masa depan.
Forum ini merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen Program Studi Tadris Matematika dalam mendorong kolaborasi yang sehat antara mahasiswa dan dosen. Dengan mempertemukan para pemangku kepentingan akademik dalam satu forum, diharapkan program studi mampu menciptakan solusi yang konstruktif bagi segala tantangan yang dihadapi, serta menguatkan semangat gotong royong dan rasa saling peduli antar mahasiswa di lingkungan Tadris Matematika.