Pada tanggal 29 Agustus 2023, Program Studi Tadris Matematika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan Kuliah Umum dan Pelatihan secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini mengangkat tema “Menjadi Mahasiswa Hebat dan Guru Matematika Unggul,” yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai angkatan Program Studi Tadris Matematika. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan yang diperlukan bagi mahasiswa agar dapat berkontribusi secara positif dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengajaran matematika.
Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam sambutannya, Dekan menekankan pentingnya pengembangan diri dan kompetensi dalam dunia pendidikan. Ia mengingatkan bahwa tantangan dalam mengajar matematika tidak hanya terkait dengan pemahaman materi, tetapi juga dengan cara menyampaikannya kepada siswa agar mudah dipahami dan menarik.
Setelah sambutan, sesi dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber yang merupakan seorang praktisi pendidikan berpengalaman, dikenal luas dalam bidang pengajaran matematika. Narasumber, yang memiliki latar belakang kuat dalam pendidikan dan pengembangan kurikulum, memulai presentasinya dengan membahas tren terkini dalam pengajaran matematika. Ia menjelaskan bagaimana metode pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam menarik perhatian siswa, sehingga perlu ada pendekatan baru yang lebih interaktif dan menarik.
Salah satu poin penting yang dibahas adalah pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Narasumber menjelaskan tentang berbagai alat dan aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Ia menunjukkan contoh bagaimana menggunakan platform digital dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik, seperti penggunaan video pembelajaran, kuis interaktif, dan simulasi matematika yang dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit. Dengan menjelaskan manfaat teknologi, diharapkan mahasiswa dapat terinspirasi untuk mengintegrasikannya dalam metode pengajaran mereka di masa depan.
Sesi berikutnya adalah diskusi interaktif di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan belajar matematika. Banyak mahasiswa yang mengungkapkan rasa frustrasi ketika mereka tidak dapat menyampaikan materi dengan baik kepada teman-teman mereka, serta kesulitan dalam mencari cara yang tepat untuk menjelaskan konsep matematika yang kompleks. Narasumber dengan bijaksana mendengarkan keluhan ini dan memberikan masukan tentang teknik-teknik yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan konstruktivis yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Selama sesi pelatihan, mahasiswa diajak untuk berpartisipasi dalam simulasi pengajaran di mana mereka dibagi dalam kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan topik matematika tertentu dan diminta untuk merancang rencana pelajaran yang inovatif. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan teknik yang telah dipelajari dan mendapatkan umpan balik dari narasumber serta rekan-rekan mereka.
Kegiatan ini tidak hanya membantu mereka memahami pentingnya kolaborasi dalam pengajaran tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan materi di depan publik. Kegiatan ini juga menjadi momen bagi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan seputar profesi sebagai guru matematika. Beberapa mahasiswa menanyakan tentang tantangan yang dihadapi guru di lapangan dan bagaimana cara mengatasinya. Narasumber menjelaskan bahwa kunci untuk menjadi guru yang sukses adalah memiliki ketahanan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah. Ia juga menekankan pentingnya membangun hubungan yang baik dengan siswa, sehingga mereka merasa nyaman untuk bertanya dan berpartisipasi dalam kelas.
Dengan diselenggarakannya Kuliah Umum dan Pelatihan ini, Program Studi Tadris Matematika berharap dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi pendidik yang kreatif, inovatif, dan berintegritas. Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang berbagi pengetahuan, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun semangat kolaborasi dan jaringan di antara mahasiswa. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks.
Pada akhir acara, panitia memberikan sertifikat partisipasi kepada semua peserta, sebagai bentuk penghargaan atas keikutsertaan mereka dalam kegiatan ini. Mahasiswa diharapkan tidak hanya menerapkan ilmu yang didapat dalam studi mereka, tetapi juga menyebarluaskan pengetahuan tersebut kepada sesama rekan dan siswa di masa mendatang.
Dengan semangat belajar yang tinggi dan komitmen untuk terus berkembang, mahasiswa Tadris Matematika diharapkan dapat menjadikan diri mereka sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini adalah langkah penting menuju penciptaan generasi pendidik yang mampu menghadapi tantangan di masa depan dan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia.