Tim Mahasiswa Tadris Matematika UIN Malang Raih Juara 1 LKTI Nasional Mathematics Paper Competition (MaPCom) 2021

Sumber : Dokumen Pribadi

Dalam pembelajaran jarak jauh seperti ini, pendidik ataupun mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dituntut untuk tidak berhenti untuk terus mengembangkan inovasi dan alternatif media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran dengan lebih baik. Hal ini pula yang menginspirasi dua mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Malang untuk mengembangkan media pembelajaran digital interaktif pada materi pola bilangan.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri Kediri secara daring pada bulan Juni hingga Agustus 2021, tim Tadris Matematika UIN Malang berhasil menjadi jawara dengan mengajukan judul inovasi “ASPOBIL: Media Berbasis Articulate Storyline Pola Bilangan untuk Melatih Proses Conjecturing Siswa SMP”. Inovasi yang diajukan Faizal Chandra dan Asfira Zakiatun Nisa’ dengan pembimbing bapak Dr. Imam Rofiki, M.Pd ini dapat diterapkan untuk mendukung pengembangan teknologi di bidang pendidikan sekaligus menjadi terobosan baru bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran matematika materi pola bilangan khususnya pada saat pembelajaran jarak jauh di masa kini maupun mendatang.

Faizal menjelaskan prototipe ASPOBIL merupakan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam mempelajari dan menggeneralisasi pola bilangan dengan tampilan yang menarik serta menu yang beragam.

“Saya menemukan masalah pada siswa sewaktu saya PKL mengenai kesulitan siswa dalam menggeneralisasi pola salah satunya karena proses konjektur mereka yang belum terlatih sehingga membuat kami berinovasi untuk membuat terobosan bagaimana melatih kenjektur siswa tersebut,” terangnya, Rabu (25/8).

Asfira menambahkan bahwa media ini merupakan hasil pengaplikasian software Articulate Storyline  dengan dilengkapi menu yang beragam dan setiap menu berkaitan dengan proses conjecturing pola bilangan siswa sehingga timnya menamai media tersebut dengan ASPOBIL (Articulate Storyline Pola Bilangan). Dia menjelaskan bahwa cara kerja media ini sederhana dan bisa diakses di berbagai perangkat salah satunya adalah smartphone baik secara online melalui link maupun offline dengan mengunduh media tersebut.

Media pembelajaran ASPOBIL ini nantinya akan dikembangkan dengan melakukan implementasi serta uji valid, praktis, dan efektif yang ada di lapangan.

“Media ASPOBIL ini mempunyai keunggulan pada menunya yang beragam. Namun, penelitian pengembangan ini tidak hanya sampai disini, tetapi suatu keharusan untuk menindak lanjuti dalam pengimplementasian di kelas,” tambah pak Rofiki.

Dalam kompetisi LKTI MaPCom 2021 tersebut, tim Tadris Matematika UIN Malang berhasil menyabet gelar juara usai menyisihkan beragam karya tulis ilmiah dan prototipe dari berbagai tim perguruan tinggi di Indonesia. Dalam babak final yang diselenggarakan tanggal 25 Agustus 2021, tim Tadris Matematika UIN Malang terpilih menduduki posisi pertama setelah bersaing dengan 25 besar hingga babak final tanya jawab dengan 10 finalis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *